PES Lag, Menyebalkan!

Sepertinya masalah Lag/gambar putus-putus pada PES sudah menjadi rutinitas gamer PES setiap tahunnya. Setiap versi baru dari PES rilis selalu ada saja gamer yang mengeluhkan hal ini. Entah sudah berapa banyak gamer yang bertanya kepada Ana bagaimana cara mengatasi Lag pada PES. Mungkin masalah ini tidak akan pernah selesai, ya?

Jika spesifikasi komputer Agan belum memenuhi syarat yang diberikan Konami untuk memainkan PES, wajar jika terjadi Lag saat memainkannya. Tapi banyak gamer yang mengeluhkan kalau PES tetap mengalami Lag meskipun spesifikasi komputer mereka sudah memenuh syarat, bahkan spesifikasinya jauh di atasnya. Kenapa hal ini bisa terjadi? Tanya kenapa?

Agan tahu, sebenarnya Ana juga tidak tahu persis kenapa hal ini bisa terjadi  - Sepertinya hal ini membutuhkan analisis yang lebih dalam lagi. Secara logika, bagaimana mungkin komputer yang spesifikasinya sudah jelas-jelas memenuhi syarat bisa mengalami Lag saat memainkan PES. Apa pihak Konami salah dalam memberikan spesifikasi minimum kepada para penggunanya? Mungkin ada beberapa komponen pada komputer kita yang performanya sudah menurun? Mungkin kita tidak menggunakan perangkat lunak (driver) terbaru untuk komponen komputer kita? Atau mungkin ini memang penyakit yang ada dalam permainan PES? Entahlah!

Setahu Ana, selama ini pihak dari Konami tidak pernah memberikan penjelasan terperinci mengenai hal ini apalagi memberikan solusi. Akan tetapi, banyak gamer di luar sana yang sukses mengakali masalah ini dengan bantuan sebuah perangkat lunak, namun ada juga yang gagal. Jika gagal, saran terbaik dari Ana adalah dengan melakukan upgrade perangkat keras.

Intinya, jika komputer Agan mengalami Lag saat memainkan PES, Agan bisa mencoba beberapa perangkat lunak, SweetFX misalnya. Jika cara ini tidak berhasil, mungkin Agan memang harus melakukan upgrade komponen komputer, syukur-syukur ganti komputer sekalian dengan spesifikasi yang lebih tinggi tentunya. Good luck 

0 komentar

Posting Komentar