Komentator PES Bahasa Indonesia, Jangan Terlalu Berharap!

Akhir-akhir ini ana agak rajin membaca postingan gamer PES di dunia maya, banyak postingan dari gamer PES Tanah Air yang menginginkan adanya komentator Bahasa Indonesia ada dalam permainan mereka. Agan tahu, itu membuat Ana geli-geli gimana gitu  - Apalagi sekarang ini komentator sepak bola di Indonesia cukup menjadi sorotan karena kalimat-kalimat yang dilontarkannya. Ada yang bilang "Jebret" lah, "7 hari 7 malam" lah, "Peluang emas bercampur intan berlian" lah, aneh-aneh deh.  Sepertinya kata-kata dan kalimat-kalimat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat sepak bola di Indonesia.

Ana kira harapan adanya komentator ini sudah ada sejak bebarapa tahun lalu. Apalagi sekarang sudah ada teks untuk PES walaupun bisa dibilang jauh dari kata sempurna, seperti yang dibuat blog PES Hybrid ini.  

Ya, untuk membuat teks Bahasa Indonesia tidak dibutuhkan kelahlian yang neko-neko, asal kita tahu dan paham istilah sepak bola dalam Bahasa Inggris, Insya Allah itu akan bisa terwujud. Coba Agan pikir bagaimana jika seorang moder ingin membuat komentator untuk PES. Itu akan membutuhkan waktu lama dan tenaga yang benar-benar besar Ana rasa. Mungkin cuma moder nganggur dan gak punya kerjaan aja yang mau bikin komentator Bahasa Indonesia   

Mengubah setiap kalimat yang dilontarkan oleh seorang komentator dalam PES bukanlah hal yang mudah. Hal pertama yang harus dipikirkan tentu saja adalah siapa yang akan mengisi suara untuk dimasukkan dalam permainan. Agan pikir bisa sembarang orang bisa melakukannya? Tentu saja tidak. Jika ada orang yang berhasil membuat komentator Bahasa Indonesia, Ana yakin dia membutuhkan waktu tidak kurang dari satu bulan. Hasilnya pun Ana juga sangat meragukan, mungkin malah akan membuat pertandingan menjadi garing.

Ana pikir satu-satunya jalan jika gamer PES di Tanah Air ingin komentator Bahasa Indonesia, gamer Indonesia harus meminta ke Konami langsung. Mungkin jika ada banyak gamer yang menginginkannya, itu akan menjadi pertimbangan pihak Konami kedepannya. Sukses buat kita semua   

0 komentar

Posting Komentar