PES 2017 Vibration Tidak Bergetar

Fitur getar atau sering disebut vibration dalam dunia game adalah fitur yang akan membuat alat kontrol (stick) Agan bergetar saat memainkan permainannya. Fitur vibration termasuk fitur baru yang disematkan Konami dalam PES 2017. Agan akan merasakan stick bergetar saat memainkan PES 2017. Agar bisa menikmati fitur ini, tentu stick yang Agan gunakan juga harus sudah mempunyai fitur getar.

Pada kenyataannya, fitur ini tidak sepenuhnya bekerja pada semua stick walaupun stick yang dipakai pada dasarnya sudah mempunyai fitur getar. Ana tidak tahu persis kenapa hal ini bisa terjadi. Mungkin ini terjadi karena rancangan dan pengaturan dalam beberapa stick berbeda dengan pengaturan yang disematkan Konami dalam PES 2017.

Bukannya ana menghina atau merendahkan, tapi pada kenyataannya, stick dari vendor yang kurang jelas asal usulnya fitur vibration tidak akan bekerja saat digunakan untuk memainkan PES 2017. Di pasaran stick ini biasanya berharga 100k ke bawah. Berbedan dengan stick dari vendor yang sudah jelas asal usulnya, kebanyakan atau hampir pasti fitur vibration nya bekerja dengan baik pada setiap game masa kini. Bukannya Ana mau mengikalankan salah satu vendor ya, Gan. Ana pernah baca di forum Steam, memang banyak diantara pemain PES 2017 yang tidak bisa merasakan vitur vibration ini, termasuk Ana . Tapi ada seorang gamer yang memakai stick Logitech F710, dia bilang fitur vibration bekerja dengan baik tanpa masalah pada stick yang dipakainya, tanpa perangkat lunak tambahan pula (seingat Ana gitu).

Bagi gamer yang rada kere seperti Ana, beli stick Logitech F710 tentu hal yang cukup memberatkan, harga pasarannya saat ini dalam kisaran 500k. Wow bangettsss kan buat gamer yang rada kere seperti Ana. Sempat browsing sana sini agar fitur vibration ini berfungsi, akhirnya ana menemukan satu driver yang kata penulis blog nya ini akan membuat stick kita bergetar saat memainkan PES 2017. Setelah Ana unduh dan pasang, ternyata sama saja, fitur vibration tidak bekerja saat memainkan PES 2017. Padahal dengan stick yang sama, fitur vibration berfungsi dengan baik tanpa perangkat lunak tambahan saat Ana gunakan untuk bermain game lainnya. Tanya kenapa? Ana juga tidak tahu, Gan. 

Saran Ana buat Agan-Agan yang ingin memainkan PES 2017 dengan fitur vibration, belilah stick yang jelas asal usulnya dan sudah teruji. Paling tidak dalam beberapa forum sudah ada yang pernah mencobanya dan sukses tidak ada kendala. Mungkin harganya akan lebih mahal dari stick abal-abal, tapi Ana rasa itu akan terbayarkan ketika semua fitunya bekerja sesuai harapan.

Bagi Agan yang ingin mencoba keberuntungan dengan memasang driver Agar stick nya bisa getar, silakan unduh berkasnya melalui tombol yang Ana sediakan di bawah. Good luck!   

0 komentar

Posting Komentar